Jumat, 22 Juli 2016

Bumi Serombotan Klungkung

Klungkung adalah sebuah kabupaten di bali yang di apit oleh 3 kabupaten yakni : karangasem , Bangli , & Gianyar dan merupakan sebuah kota yang eksotis dan terkenal dengan kuliner yang bikin ngiler lidah siapa aja , yakni makanan serombotan yang sangat beken sekali di kabupaten ini. selain Nusa penida , Nusa lembongan & ceningan , di kabupaten klungkung juga terdapat beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi guys , mau tahu apa saja ? yuk simak ulasannya berikut.


1. Bukit Belong 

photos by @iwwm (instagram )





















Bukit eksotis ini terletak di desa Gunaksa , kecamatan Dawan dan merupakan salah satu bukit yang lagi hits banget di medsos dan mengundang para netizen untuk pergi ke bukit belong dan menikmati panorama alam yang di tawarkan oleh bukit yang hijau ini.

Di bukit belong kamu akan melihat scenery sawah yang hijau serta rumput ilalang yang mempesona dan terdapat juga salah satu pohon yang sering sekali di gunakan untuk duduk sambil berfoto. di sini juga bisa melihat perpaduan warna biru selat badung dan pulau nusa serta hijaunya persawahan yang bakalan bikin foto kamu nampak lebih kece.

Menuju ke bukit belong kamu tinggal ikuti jalan di By pass Prof mantra hingga sampai di perempatan kusamba , nah di traffic light tersebut kamu ambil arah ke kiri kemudian cari pertigaan ke 2 setelah traffic light dan kamu tinggal ikuti jalan tersebut dan kamu harus mendaki sekitar 10 menit sebelum kamu bisa menikmati panorama bukit belong yang eksotis ini.

2. Bukit Abah 

photos @gungwik (instagram)




















Bukit abah berlokasi di desa pikat , kecamatan dawan dan merupakan gugusan bukit segita yang eksotis di klungkung , dari sini kamu akan di suguhi panorama alam yang mengarah ke karangasem dan jelas sebuah pemandangan yang cantik dan bikin betah siapa saja untuk kemari.

Bukit ini juga merupakan tempat adventure bagi kamu pecinta offroad untuk menguji adrenalin kamu untuk menaklukan medan yang sulit namun memiliki sisi lain yakni panorama alam yang kece abiss.

Untuk menuju ke bukit ini sama halnya seperti melakukan offroad , karena kamu harus melewati medan yg berat , namun yakinlah kamu tidak akan di kecewakan oleh suasana alam yang di tawarkan dan yakin bisa bikin siapa saja betah menikmatinya.


3. Goa Jepang

photos @mang_dedy (instagram)
















Peninggalan zaman penjajahan jepang ini berlokasi tidak jauh dari perbatasan klungkung dengan kabupaten gianyar yang berlokasi di pinggir jalan raya , dan peninggalan jepang ini juga masih terawat dengan baik dengan beberapa patung gajah yang di bangun untuk mempercantik situs ini.

Goa jepang ini berdiri di atas tukad bubuh dan di buat pada tahun 1941-1942 sebagai tempat untuk berlindungnya tentara jepang dari serangan tentara sekutu di masa perang dunia ke-2. Goa jepang ini memiliki 16 lubang , dan 2 diantaranya tidak berhubungan satu sama lain , satu terletak di ujung utara dan satu lagi terletak di ujung selatan , sedangkan 14 lainnya di hubungkan oleh satu lubang yang terhubung satu sama lainnya.


4. Bukit Tengah

photos @supar_sana (instagram)
















Bukit tengah ini berada di atas dari pulau Goa lawah yang juga tidak kalah dengan bukit-bukit lain di kabupaten klungkung , dan dari bukit ini terdapat berbagai scenery yang menakjubkan , dengan arah ke timur kamu bisa menikmati view lautan karangasem , ke arah utara kamu akan mendapatkan view Gunung agung , terasa cukup indah panorama yang di tawakan bukit ini.

Untuk menuju ke bukit ini juga tidak terlalu sulit kok , dan akses menujunya juga sangat bagus dan kamu bisa menuju bukit ini dari timur goa lawah dan kamu tinggal naik ikuti jalan tersebut , yakinlah bahwa bukit ini menhaympan keindahan yang jarang orang tahu guys.

6. Bukit batu mejan

photos @diarysaputra (instagram )




















Sepertinya klungkung memiliki potensi perbukitan yah , karena banyak sekali perbukitan indah yang berlokasi di kabupaten klungkung , selain di nusa penida bukit-bukit di daratan bali juga menyimpan keindahan yang menakjubkan , dan ini adalah bukit yang juga sangat eksotis dan jarang orang yang tahu dan cocok kamu explore sesekali untuk menikmati alam yang anti mainstream.

Bukit batu mejan namanya yang berlokasi di desa paksebali tepatnya di timur kota semarapura , dan untuk menujunya kamu mesti mendaki sekitar 30 menit dari desa paksebali dan dari sini kamu bisa menikmati keindahan kota semarapura dari ketinggian. kamu mesti kesini pas sore hari , karena kamu bakal di manjakan oleh sunset yang mempesona dari atas bukit.


7. Kertagosa 


photos by @dhikaolala (instagram)





















Kertagosa merupakan sebuah istana peninggalan kerajaan Semarapura dengan rajanya Semarajaya , yang mencapai keemasan di masanya. Kertagosa kini adalah sebuah taman yang berlokasi di kota Semarapura yang menyimpan berbagai karya seni di kabupaten klungkung.

Dan yang paling tersohor di Kertagosa adalah ornamen seni hasil kerajinan warga Kamasan yang nampak pada langit langit dari balai di kertagosa dengan gambar cerita wayang , dan inilah yang membuat desa kamasan begitu tersohor dengan karya seninya.
Sempat mengalami kerusakan akibat perang melawan Belanda , namun detail bangunan ini masih nampak seperti aslinya , dan Kertagosa juga merupakan ikon pariwisata klungkung.

8. Tukad Unda

photos @laxonecius (instagram)





















Tukad unda merupakan sebuah aliran sungai yang sangat deras yang berlokasi di timur Semarapura dan sungai unda juga merupakan aliran sungai besar di karangasem seperti sungai Telaga waja dan
tukad unda juga merupakan salah satu bendungan terbesar di Bali dan aliran airnya tidak pernah surut karena itulah sungai unda ini terlihat sangat indah , seperti nampak seperti aliran air terjun.

Lokasinya yang sejuk sering di pilih untuk menjadi tempat yang asik buat ngadem di kawasan kota semarapura dan juga tempat mandi bagi warga setempat. namun sisi lainnya tempat ini juga sering di pilih menjadi lokasi untuk Prewedding dan juga untuk seni photography dengan konsep air.

10. Pelabuhan Gunaksa

Photos @mang_dedy (instagram)














Pelabuhan yang rencananya di jadikan penyebrangan menuju pulau nusa penida ini nampak memang lagi mangkrak karena berbagai kasus. tapi itu bukan masalah yaa buat para penikmat alam untuk berkunjung ke pelabuhan ini , karena memiliki scenery yang unik dan cocok untuk kamu berfoto.

Scenery ke utara dengan latar Gunung agung bisa bikin fotomu tambah kece loh guys , selain itu menghadap ke selatan kamu akan mendapat background Nusa penida. Dan untuk menujunya juga sangat mudah yakni di timur jembatan tukad unda yang di By pass prof mantra kamu harus turun melewati Galian C , dan tinggal ikuti jalan tersebut kamu akan sampai di pelabuhan ini deh guys.



Banyak hal lain yang bisa kamu kunjungi di klungkung seperti ; Berwisata ke desa Kamasan untuk melihat pengerajin seni yang berkelas , ke desa Tihingan untuk melihat pembuatan gong , serta menikmati kuliner sari laut di desa Pesinggahan serta menikmati kuliner serombotan di pasar sengol klungkung , dan masih banyak lagi keindahan yang bisa kamu nikmati di Klungkung guys !!!

Instagram : @vacationinbali @Siruwah
Facebook  : Vacation in Bali
Line          : Siruwah

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar