Sabtu, 23 Juli 2016

Wisata Bangli



Bangli merupakan satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki pantai di Bali , namun Bangli punya pesona alam yang sangat indah dan tentunya tidak kalah dengan dengan pesona alam di kabupaten lainnya , mau tahu apa saja keindahan dari bangli ? yuk simak ulasan berikut :

1. Pinggan Village 



photo @agusdevayana (instagram)





















Pinggan mungkin asing terdengar di kalangan orang bali , dan bahkan yang tidak tahu keberadaan desa eksotis yang terletak di kecamatan Kintamani ini. Keindahan desa yang terkenal dengan lokasi pura balingkang ini memang menyimpan keindahan alam yang mempesona serta kental dengan sejarah kaum Tionghoa yg merupakan tempat pertama bagi orang tionghoa di Bali.

Saat ini Pinggan begitu populer sekali di media sosial karena keindahan tersembunyinya sudah mulai di cium oleh para netizen terutama para photographer untuk di ekspos menjadi salah satu spot indah yang mengagumkan di kintamani.

Pinggan juga memiliki spot indah untuk menikmati sunrise dengan latar bukit penulisan , gunung batur , abang dan agung serta kabut kabut di bawah bukit dengan lampu lampu desa di sekitar bikin desa ini begitu eksotis dan membuat siapa saja akan terkesima dan takjub melihat panorama alamnya.

2. Air Terjun Tibumana


photos @wardhanaputra_ (instagram)




















Air terjun Tibumana adalah salah satu air terjun yang baru di temukan dan langsung sangat hits di instagram , keunikannya adalah memiliki air terjun yang terlihat kembar dan terdapat sebuah goa yang konon bisa tembus ke besakih , nah itu menurut mitos sihh !!

Lanjut guys , Air terjun setinggi 20 meter ini di kelilingi oleh hutan dan tentunya masih begitu alami yah dan saat ini juga telah di bangun akses untuk menuju air terjun tibumana ini sehingga kamu ngga usah lagi buat ngesot pergi kesini yaaahhh. Air terjun ini berlokasi di dusun bangunlemah ,desa apuan kecamatan susut , Bangli. dan kamu harus sering sering bertanya ke warga agar tidak tersesat menuju air terjun ini gaeess !!!

3. Gunung Abang


photos @gusdesaputra (instagram )
















 Gunung Abang merupakan gunung tertinggi ke-3 di Bali dengan ketinggian 2152mdpl dan terletak di antara gunung Batur & Agung. Gunung ini memiliki kontur basah dan merupakan letusan purba gunung batur di zaman dahulu sehingga separuh dinding nampak roboh dan juga merupakan kaldera tertinggi dari gunung Batur.

Pendakian gunung Abang bisa kamu lakukan dari desa Suter dan juga bisa dari desa Songan , dan kamu mesti menempuh waktu sekitar 3-4 jam tergantung perjalanan kamu menaklukan medan untuk mencapai puncak setinggi 2152 mdpl ini.

Selama perjalanan kontur basah dan juga sebuah pura bali kuno akan kamu temukan sepanjang perjalanan menuju Gunung Abang. dan setelah sampai di puncak kamu akan di sambut dengan sang mentari dari ufuk timur serta panorama gunung batur dari ketinggian 2152mdpl ini.


4. Toya devasya


photos @madechacha (instagram )




















Setelah berjibaku dengan hawa dingin , coba deh kamu pergi ke Toya devasya untuk menikmati berendam di air hangat yang mengalir langsung dari kaldera Gunung batur , tentu akan bikin kamu lebih fresh , apalagi berendam di pinggir danau batur.

Fasilitas yang di tawarkan Toya devasya emang benar-benar recommended banget deh pokoknya gaeess karena kamu akan mendapat berbagai fasilitas seperti ; welcome drink , handuk , sabun & locker dan tentunya dengan pelayanan lainnya yang pastinya bikin kamu excited & satisfied !!!

5. Green canyon Undisan


photo @lanangsurya_ (instagram)





















Ngga perlu jauh-jauh ke Amerika untuk melihat Green canyon , karena di bali juga terdapat sebuah tebing tebing indah menyerupai canon dan berlokasi di desa Undisan , Tembuku Bangli.

Tebing - Tebing indah green canyon ini juga merupakan sepaket dengan air terjun Tangkup dan cukup membayar Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati 2 spot sekaligus , tentunya akan bikin kamu merasa puas untuk menjelajah keindahan tersembunyi di Bangli ini.

Berminat ? siapkan fisik kamu untuk kemari , karena tangga yang terbuat dari kayu adalah awal perjalananmu untuk menjelajah , and then kamu mesti melewati goa goa sempit sebelum kamu di sambut akan eksotisme hidden paradise ini guys.

6. Penglipuran village



photos by @andryko (instagram)





















Menyandang desa terbersih di dunia merupakan sesuatu kebanggaan bagi warga desa Penglipuran , dan ini juga menjadi kebanggaan bagi semua orang di Indonesia , dan hal ini perlu untuk di contoh oleh desa desa lainnya untuk menjaga lingkungan yang bersih , sehingga suasana nyaman akan bisa kita rasakan setiap hari , sehingga hubungan harmonis akan terasa amat kental.

Jalan-Jalan ke Penglipuran tentu akan sangat menyenangkan , bangunan perumahan desa ini sangat rapi , bersih dan sejuk tentu bikin kamu merasa nyaman dunk untuk berkunjung ke desa Penglipuran.
dan jika kamu berkunjung , kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan desa ini yaahh..


7. Gunung Batur


photos @ridozaen




















Gunung Batur , salah satu Gunung yang sangat terkenal di Bali yang berlokasi di Kintamani dan memiliki tinggi 1717 Mdpl , Gunung ini juga merupakan spot favorite bagi para pendaki khususnya pemula. dan gunung ini juga merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise di Bali , sehingga setiap harinya banyak sekali orang orang mendaki ke gunung Batur untuk sekedar menikmati sunrise.

Gunung batur juga memiliki kaldera yang sangat indah dan merupakan salah satu terbesar di dunia , dengan ukuran 13,8 x 10 Km , tentu ini karena gunung Batur mengalami beberapa kali letusan , dan inilah yang membuat kaldera gunung ini berdiameter besar.

Butuh waktu sekitar 2-3 jam pendakian untuk menuju puncak gunung batur , dan tentu persiapkan fisik kamu yang fit yahh , agar pendakianmu berjalan mulus untuk mengejar sang mentari ..!!!

8. Penelokan
photos @leprotulka





















Ada sebuah tempat yang pas untuk melihat keindahan Gunung dan Danau Batur , yakni dari desa Penelokan di Kintamani , dari spot ini kamu akan melihat panorama alam yang menakjubkan akan keindahan alam yang di tawarkan.

Penelokan berlokasi di pinggir jalan Kintamani menuju ke danau Batur , dan merupakan tempat favorite untuk makan siang sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

9. Air terjun Dusun kuning
photos @yudi_mang (instagram)




















Air terjun dusun kuning ini berlokasi di dusun kuning , desa Tamanbali - Bangli dan juga salah satu yang baru update di media sosial , dan keunikan air setinggi 25 meter ini adalah airnya yang mengalir di setiap sisi dan tengahnya tidak ada aliran air , dan air ini berada di aliran tukad melangit guys.

Untuk menuju ke air terjun ini kamu mesti mencari desa Tamanbali terlebih dahulu , dan sesampai di desa Tamanbali kamu mesti berjalan sekitar 500 Meter melintasi kebun - kebun milik warga , tentu akan mengasikan sambil menghirup udara segar yg bakal bikin pernapasan kamu kembali di restore ama udara alami dari sekitar air terjun ini.

10. Black lava hole

photos @tiangwayan (instagram)



















Black lava hole , sebuah spot motocross di Kintamani mungkin jarang terdengar ketika kamu pergi
mengunjungi kintamani , karena spot ini hanya di ketahui para pecinta spot mototrail tersebut , dan Black lava ini bisa kamu jadikan referensi untuk mencari spot untuk berfoto karena kelihatan sangat instagenic yang bisa bikin foto kamu makin kece,

Black lava hole ini bisa kamu temukan di jalan julali kintamani , dan saat ada orang sedang bermain motocross kamu bisa menonton atraksi mereka untuk menguji adrenalin , tentu akan menjadi sebuah pengalaman baru ketika berlibur di kintamani dehh !!!

11. Air terjun Cepung


photos@iinhandayani (instagram)




















Bangli sepertinya memiliki potensi air terjun yang cukup unik deh guys ! salah satunya adalah air terjun Cepung yang sangat unik ini loh , tebing-tebing ini seakan seperti tirai yang menutupi air terjun sehingga nampak seperti tersembunyi.

Ketika memasuki tebing-tebing tersebut kamu akan merasa memasuki sebuah surga tersembunyi tempat para bidadari menyucikan diri yaa ! wihhh pastinya spot ini akan bikin fotomu tambah keren dehh..

Dan tidak jauh dari lokasi , atau sebelum memasuki air terjun ini juga terdapat spot yang bernama Rainbow canyon yang mirip seperti Green canyon di undisan , namun ini lebih berwarna mirip pelangi , sehingga di namakan Rainbow canyon'.

12. Trunyan village

photos @zaiy_ajm


















Pasti kalian sudah pernah denger nama sebuah desa di kintamani yang terkenal dengan tradisi uniknya yg tidak pernah mengubur orang meninggal , dan malah membiarkannya tergeletak di atas tanah.

Desa Trunyan merupakan salah satu desa Bali aga atau penduduk Bali asli yang berlokasi di tepi danau batur dan memiliki tradisi unik tersebut. namun uniknya mayat yg di taruh di atas tanah tersebut tidak mengeluarkan bau kok , karena sudah di netralisir oleh pohon menyan yang menjadi simbol desa ini.

Setelah mayat menjadi tulang , tulang tersebut lalu di pindahkan ke bawah pohon menyan tersebut , sehingga ketika kamu pergi kesini kamu akan melihat tumpukan tengkorak yang berjejer di sekitar pohon menyan tersebut.

Untuk menuju ke Trunyan kamu mesti menaiki perahu dari desa batur , dan juga bisa melewati jalan melingkari danau batur.



13.  Air terjun Bunutin
photos @anggadipoetra





















Air terjun bunutin ini berlokasi di Desa Bunutin Kintamani. Dengan ketinggian 40 meter air terjun ini akan menyuguhi kamu kesan alami anti mainstream.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini kamu akan di sambut hamparan sawah , kebun jeruk serta di kelilingi perbukitan menambah kesan natural dalam perjalanmu.

Kamu butuh 10 menit berjalan kaki dari tempat parkir , dan menuruni beberapa tebing sebelum sampai ke lokasi , dan rasakan sensasi segarnya air terjun ini guys !



12. Bukit Trunyan
photo @tiangwayan (instagram)




















Eksotika Kintamani memang tidak ada habisnya juga di bahas guys , dan salah satu keindahannya yg lagi update adalah " Bukit Trunyan ". Mungkin sebagian dari kamu telah mengenal Trunyan sebagai desa Bali asli atau istilah Bali aga dengan tradisi adatnya yg sangat unik.

Namun di sisi lain pemandangan di Trunyan tidak kalah dengan Gunung Batur dan Gunung Abang , Bukit Trunyan pastinya bakalan menyihir kamu untuk segera mencoba hiking kesini karena pemandangan Gunung dan Danau Batur akan menyambutmu ketika sampai di puncak Bukit Trunyan.


13. Air Terjun Tangkup

photos @idabagusekam (instagram)




















Nah setelah membahas Green canyon yg sangat kece tadi , dan berlokasi tidak jauh dan masih satu paket dengan Green canyon terdapat sebuah air terjun bernama Air terjun Tangkup.

Air terjun Tangkup ini juga di sebut dengan air terjun Slau karena aliran sungai di bawahnya bernama slau , dan Air terjun tangkup ini berada persis di balik dari Green canyon loh.

Kamu bisa nikmati segarnya mandi di air terjun yg berketinggian 20 meter ini dengan airnya yg masih jernih dan rasakan relaksasi yg mampu membantu kamu kembali semangat menjalani aktifitas lagi.


14. Antugan Jehem

photo @tyaaraditya (instagram)

















Berawal dari tempat nongkrong anak muda desa setempat , lokasi ini sekarang sangat hits sekali di media sosial guys dan menjadi tempat wisata baru di kawasan Tembuku Bangli

Panggung yang di sediakan berupa anjungan papan yang di sangga oleh bambu juga bakalan menguji adrenalinmu untuk menikmati lembah ini sambil berselfie. dan saat ini kawasan ini begitu ramai bagi mereka yang suka untuk berhunting foto.

Dengan pemandangan lembah tukad melangit , selain berfoto kamu juga bisa menikmati panorama alam yang pastinya nilai plus dari spot selfie ini guys.

15. Lakeside cottage kintamani

photo @ajunalit (instagram )



















Lupakan sejenak kolam renang di resort super mewah , pergilah ke Lakeside cottages di kintamani untuk merasakan kolam alami khas bali yg sesungguhnya.

Berlokasi di kaki gunung Batur dan berhadapan langsung dengan danau dan gunung pastinya akan membuat liburanmu pasti berkesan guys.

Untuk menginap di sini siapkan budget mulai 400k/night yah ! Nah mulai sekarang menabunglah dulu biar bisa merasakan relaksasi di cottage ini.





2 komentar: