Senin, 25 Juli 2016

Tabanan si Lumbung padi yang Eksotis

Tabanan mendapat julukan sebagai Lumbung berasnya Bali , karena persawahan di kabupaten ini begitu luas dan menghasilkan beras terbesar bagi Bali , dan bahkan Nama Jatiluwih telah di akui dunia sebagai warisan budaya dengan sistem subaknya yang masih terjaga dengan baik , dan masih banyak lagi yang bisa kita lihat di Tabanan ,Yuk simak ulasannya ..

1. Tanah Lot
photos @mdbakata_kardana (instagram)




















Tanah lot merupakan objek wisata yang sangat terkenal di seluruh dunia , kecantikan pura yang berdiri di atas batu karang ini mampu membuat siapa saja terkesima , terutama mereka yang ingin melihat keindahan matahari terbenam atau istilah kerennya sunset.

Tanah lot juga merupakan sebuah kawasan suci di desa beraban yang kental akan sejarah bagi umat hindu dan merupakan salah satu pura besar di Bali. di dekat pura tersebut terdapat ular - ular yang di percaya sebagai penjaga pura ini yang konon merupakan selendang dari pendiri pura yang terkenal bernama Dang hyang Nirartha seorang empu yang sakti dari Tanah jawa yang juga membangun pura terkenal di Bali lainnya,

2. Jatiluwih
photos @yandeardana (instagram)



















Jatiluwih salah satu rice terrace yang terkenal ini bahkan telah di akui oleh UNESCO sebagai sebuah warisan budaya yang masih menjaga sistem irigasi dengan baik , yang terkenal dengan istilah Subak.

Kawasan ini menjadi salah satu andalan dari Tabanan dan ikon Lumbung beras Bali , yang selalu di nikmati oleh wisatawan baik mancanegara ataupun domestik.

Di sini banyak di sediakan restaurant , kamu bisa menikmati suasana alam yang asri dan alami sambil menikmati hidangan makanan & minuman yang tentu saja akan membangkit selera makanmu guys.

3. Pura Ulun danu
photos @ akie_spyridon (instagram)



















Pura Ulun Danu yang terletak di tepi Danau beratan juga merupakan salah satu ikon pariwisata di Bali dan keberadaannya selalu membuat siapa saja ingin mengabadikan untuk berfoto di pura eksotis ini.

Keberadaannya di kawasan terkenal Bedugul juga membuat tempat ini menjadi destinasi favorite di kawasan Tabanan , dan bahkan menurut kebanyakan pelancong "kalau ngga foto di Ulun Danu ngga liburan ke Bali". 
4. Pantai Yeh Gangga 


photos @eka_siepth_atie (instagram)




















Pantai '' Yeh gangga " memiliki keunikan yang mirip seperti Tanah lot yakni memiliki pura di atas batu karang , dan uniknya di tengah batu tersebut terdapat sebuah lubang , sehingga pura tersebut juga bernama Pura batu bolong.

Pantai ini berlokasi di desa sudimara , dan pantai ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset dan cenderung masih sepi , jadi kamu buat kamu yang anti mainstream cocok untuk kamu menghabiskan waktu untuk menanti sang mentari yang tenggelam.



5. Air Terjun Blemantung
photos @ekadarmadi (instagram)




















Inilah air terjun tertinggi di Bali dengan ketinggian sekitar 75 Meter dan terletak di tengah-tengah kebun kopi milik warga di daerah Pupuan yang bernama " Air terjun Blemantung".

Air terjun ini tidak begitu banyak mengenalnya , dan masih hidden sehingga lebih terasa kesan alami yang terpancar dari air terjun ini guys dan bahkan terdapat 3 air terjun di kawasan ini yang jaraknya berbeda - beda , jadi untuk menemukannya kamu mesti siap untuk adventure guys,

6. Vihara dharma giri


Photos @mankdut (instagram)



















Vihara dharma giri ini berlokasi di desa pujungan dan merupakan tempat peribadahan bagi umat Buddha dan memiliki keunikan patung Sang buddha yang lagi tidur.

Untuk berkunjung kesini kamu tidak akan di pungut biaya kok , namun perlu di ingat untuk menjaga sopan santun selama berkunjung kesini , karena tempat ini merupakan tempat ibadah yah..

7. Pura Batu bolong

photos @tiniihitakara (instagram)





















Well , di timur dari Tanah lot juga terdapat sebuah pura yang sangat eksotis dan bahkan kerap di katakan kembarannya Tanah lot yang bernama Pura batu bolong  yang juga memiliki spot indah untuk menikmati sunset guys.

Keunikan karang bolong di bawah pura ini kerap menjadi spot favorite para photographer untuk mencari silhouette sehingga gambar yang mereka hasilkan akan kerap maksimal guys.

Pura ini hanya berjarak sekitar 500 Meter dari Tanah lot loh !!!

8. Belimbing Rice Terrace

photos @ellchintya (instagram)





















Belimbing rice terrace ini merupakan salah satu terasering terindah di Bali , dan ketika hijau akan nampak begitu cantik dan mempesona karena keunikan terasering ini membentuk melingkar dan tentu inilah daya tarik dari pesona Belimbing rice terrace guys.

Menikmati rice terrace ini akan serasa nikmat dengan secangkir kopi dan pisang goreng , tentu akan membuat kamu merasa lebih semangat menikmati persawahan yang eksotis ini.

9. Air terjun Pantai Melasti 

photos @masedy80 (instagram)




















Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang berlokasi di dataran tinggi , karena ini adalah air terjun yang ada di tebing tinggi bibir pantai , yang berlokasi tidak jauh dari Tanah lot , sungguh hal unik yang bisa kamu jumpai di Bali.

Namun sebenarnya ini adalah saluran irigasi persawahan petani setempat untuk mengalirkan air , dan menjadi sebuah keunikan di Pantai melasti ini. suasana yang sepi serta nyaman akan bikin kamu terlena akan pantai ini dan tentunya sambil menunggu senja adalah hal terbaik yang bisa kamu lakuin di pantai melasti ini guys.

11. Bali Handara Kosaido

photos @angelineshuu (instagram)




















Bali Handara kosaido Country club ini berlokasi di kawasan sejuk Bedugul , yang merupakan arena bermain golf terkenal di Bali , dengan kawasan hutan yang hijau di tepi Danau Beratan tentu akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda selama berlibur di Bali.

Well , Bali handara kosaido country club juga menawarkan kamu pengalaman untuk bermain golf , meskipun kamu sekedar pemula namun kamu akan di ajarkan beberapa sesi oleh para staffnya.
dengan 18 hole & 72 par kamu mesti berkeliling 2 kali untuk mengitari lapangan ini , namun para caddy siap membuat rasa lelahmu hilang selama bermain golf tersebut meski kamu mengitari lapangan sebanyak 2 putaran.

Ada yang menarik selain bermain golf , untuk kamu yang hobby berfoto 2 gapura candi yang berdiri di pintu masuk Bali handara juga merupakan sesuatu yg menarik untuk menunjukan moment liburan kamu di Bali yaa guys.

12. Secret Garden village

photos @aldi_pradana (instagram)




















Merupakan sebuah wahana dan juga sebagai ikon baru bagi pariwisata di daerah bedugul , Secret garden village ini merupakan wahana edukasi yg mengusung konsep factory and outlet.

Di sini kamu akan di ajak berkeliling untuk melihat berbagai aktifitas yang unik , di mulai dari Oemah herborist factory untuk melihat proses pembuatan kosmetik , dan setelah itu kamu akan di ajak menonton film pendek selama 5 menit tentang sejarah pembuatan kosmetik.

Nah bagi kamu pecinta coffee , setelah kamu di ajak berkeliling untuk melihat aktifitas pertama , kemudian kamu akan di arahkan untuk melihat pembuatan Black eye coffee & roastery yang di racik langsung oleh para Barista yg profesional dengan memadukan kopi senusantara.


13. Angseri Hot spring

photos @sang_ughe (instagram)
















Setelah kedinginan jalan-jalan di Bedugul , ada baiknya kamu mampir ke desa Angseri untuk sekedar menikmati berendam di air panas yang alami guys , karena kamu akan merasakan theraphy dari air panas yang bersumber langsung dari mata air setempat.

Terdapat beberapa kolam yang bisa kamu gunakan untuk berendam sambil menikmati alam terbuka yang hijau dan asri tentu bakal bikin kamu lebih fresh dehh. namun jika kamu hendak mandi lebih private kamu juga bisa menyewa untuk berendam di dalam sebuah ruangan yg sudah di sediakan sebuah jacuzzi untuk menikmati air panas ini.

14. Kebun Raya Eka karya

photos @anast_siani (instagram)













Paru-Paru udara Bali ini berlokasi di Bedugul yang merupakan hutan lindung yang sangat terawat , dan kawasan Kebun raya ini seringkali di pilih untuk menikmati liburan bersama keluarga , karena tempatnya yang luas , sejuk dan asri menjadikannya tempat pilihan utama berlibur bersama keluarga,

Kebun raya Eka karya juga beken dengan sebutan "Bali Botanical garden" , yang juga berlokasi di tepi danau beratan yang tentu sebuah panorama yang mengagumkan dan bikin betah berlama lama di sini untuk menikmati hari bersama keluarga.

Hal lain yang bisa kamu lakukan disini adalah mencoba berbagai aktifitas adventure yang bernama "Bali Treetop" seperti bermain Flying fox.
15. Alas Kedaton

photos @imlydyzyi (instagram)




















Kawasan Alas kedaton merupakan hutan monyet yang terletak di utara kota Tabanan , dan salah satu tempat rekreasi untuk melihat kawanan monyet di hutan lindung seluas 12 Hektar yang masih asri tentu menjadi agenda yang patut kamu kunjungi ketika bermain ke Tabanan.

Terdapat sekitar 2000 kera di areal kawasan Kedaton ini , dan keberadaanya menjadi daya tarik utama dari objek wisata yang berlokasi di desa Kukuh , Marga-Tabanan ini guys.


16.  MONAS Taman Pujaan Bangsa Margarana
photos @tiangwayan (instagram)





















Mungkin kamu sudah familiar dengan nama salah satu pahlawan Bali yang bernama I Gusti Ngurah Rai , yang merupakan salah satu pahlawan Nasional dari Bali yang juga di jadikan berbagi  nama tempat terkenal di Indonesia , seperti Airport Ngurah Rai dll.

Perjuangan "Ciung wanara" I Gusti Ngurah Rai dan anak buahnya untuk menggempur Belanda sangat gigih hingga titik darah penghabisan , sehingga untuk mengharga perjuangannya , maka di buatkanlah Taman nasional Margarana yang merupakan tempat bertempurnya beliau.

Kamu bisa jalan-jalan sambil menambah wawasan kamu di sini akan sejarah besar pejuang Indonesia zaman dahulu , dan di sini kamu bisa melihat berbagai alat yang di gunakan untuk perang pada masa itu , seperti ; Bambu runcing , meriam , senapan dll.

17. Danau Beratan

photos by @doges02 (instagram)




















Danau Beratan merupakan danau terbesar di Bali yang memiliki keindahan menakjubkan , dan juga memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap , sehingga Danau Beratan lebih ramai di bandingkan dengan danau lainnya yang ada di Bali.

Danau Beratan juga masih berlokasi di kawasan wisata Bedugul , dan tentu banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini , seperti mencoba berkeliling Danau dengan menyewa boat yang tentunya akan bikin kamu melupakan aktifitas kamu yang membosankan deh guys.

So , are you interested ? Make a planning then go vacation ASAP !!!


Banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di Bumi Lumbung beras guys , jadi siapin aja dulu waktumu , dan ajak temanmu untuk berlibur di Tabanan..

Follow social media kita juga yahh guys , untuk dapetin tips menarik seputar tempat wisata lainnya yang ada di Bali :)

Instagram : @vacationinbali & @siruwah
Facebook  : Vacation in bali
Line ID     : Siruwah












Tidak ada komentar:

Posting Komentar